Minggu, 28 Oktober 2012

KANTOR SAR TANJUNGPINANG GELAR RAKORSARDA DAN LATIHAN SAR 2012

Tanjungpinang (25/10/2012) --- Sesuai program kerja Tahun 2012, Kantor SAR Tanjungpinang akan menyelenggarakan empat kegiatan sekaligus, berupa Pembinaan Potensi SAR, Rapat Koordinasi SAR, Pameran Peralatan dan Fasilitas SAR, serta Latihan SAR. Keseluruhan kegiatan akan dilaksanakan mulai tanggal 29 Oktober sampai dengan 01 Nopember 2012, dengan mengambil lokasi di beberapa tempat.
Pembinaan Potensi SAR dengan sasaran peserta dari instansi/ lembaga/ organisasi berpotensi SAR bertempat di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kementerian Kesehatan, Rapat Koordinasi SAR di Hotel Goodway, serta Latihan SAR di Pantai Taman Marina Harris Resort. Sedangkan Pameran Fasilitas dan  Peralatan digelardi sela-sela kegiatan tersebut.

Rapat koordinasi SAR merupakan agenda Badan SAR Nasional dalam menjalin koordinasi dan dalam upaya konsolidasi dengan potensi di wilayah setiap Kantor SAR. Kegiatan yang direncanakan dibuka oleh Sekretaris Utama Badan SAR Nasional, berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 31 Oktober sampai 01 November 2012. Peserta dalam Rapat Koordinasi SAR Daerah merupakan perwakilan instansi/ lembaga sipil/ militer berpotensi SAR se-wilayah Propinsi Kepulauan Riau.

Narasumber Rapat Koordinasi SAR Daerah berasal dari Kantor Pusat Badan SAR Nasional, yakni Direktur Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR, Kepala Sub Direktorat Perencanaan Diklat SAR, Kepala Sub Direktorat Pengerahan Potensi dan Pengendalian Operasi SAR Direktorat Operasi dan Latihan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta seorang narasumber dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV Tanjungpinang (lihat tabel jadwal). Rapat juga mengundang pejabat di level Propinsi Kepulauan Riau, serta Kepala-Kepala Kantor SAR di lingkungan Badan SAR Nasional.

Pada kesempatan yang sama akan dilakukan pencanangan program dari Direktorat Bina Ketenagaan dan Pemasyarakatan SAR berupa "SAR Goes to School'', yakni program sosialisasi dan pemasyarakatan SAR dengan segmen audiens/ peserta adalah siswa/ pelajar SD, SMP dan SMA. Untuk pelaksanaan di wilayah Kepulauan Riau, akan mengajak peran siswa/ pelajar se-Kota Batam. Setelah itu akan ditindaklanjuti untuk kegiatan yang sama di wilayah Kepulauan Riau yang lain.

Selain itu, terkait dengan upaya pengembangan tanggung jawab kewilayahan, Kantor SAR Tanjungpinang juga akan membuka Pos SAR Batam, dimana untuk tahun 2013 nanti akan diaktifkan operasionalisasinya. Untuk kepentingan tersebut, saat ini diupayakan peminjaman gedung operasional ke pihak Badan Pengawasan Batam (dulu : Otorita Batam). Kontrak pinjam pakai gedung tersebut akan ditandatangani oleh Kepala Biro Umum Badan SAR Nasional dan Kepala Biro Umum BP Batam.

Pembinaan Potensi dan Latihan SAR

Terkait kegiatan Pembinaan Potensi dan Latihan SAR, Kantor SAR Tanjungpinang akan menggelar demo penanganan musibah di perairan. Pelaku kegiatan berasal dari sumber daya Kantor SAR Tanjungpinang, yang didukung oleh unsur terkait seperti Direktorat Polisi Air Kepolisian Daerah Kepulauan Riau, Pangkalan TNI AL Batam, dan Kesatuan Penjagaan Laut dan Perairan Tanjunguban. Kegiatan akan melibatkan unsur laut yaitu Heli Rescue-1522, Rescue Boat-209 Tanjungpinang, serta rigid inflatable boat dan speed boat masing-masing milik Kantor SAR Tanjungpinang, Ditpolair, Lanal dan PLP Tanjunguban.

Untuk mendukung sisi keselamatan sumber daya yang melaksanakan kegiatan, dilibatkan unsur medis dari Kantor SAR Tanjungpinangm Palang Merah Indonesia Propinsi Kepulauan Riau, dan Balai Pelatihan Kesehatan Batam. (Humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog Kantor SAR TANJUNGPINANG