Kamis, 12 Januari 2012

MUSIBAH TUG BOAT TENGGELAM DI KIJANG

TUG BOAT TENGGELAM DI PERAIRAN SEI WALANG, KIJANG

Tim Sar Kota Tanjungpinang melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan pencarian hilangnya enam nelayan Kijang Bintan Timur yang menjadi korban ombak disertai angin kencang di perairan Gentar, Daik-Lingga, Sabtu malam (24/12). Satu korban hilang musibah tugboat juga masih dicari.
Informasi dari seorang anggota Tim Sar, Rabu (28/12) petang, pihaknya masih berkoordinasi untuk pencarian. Tim Sar Tanjungpinang memang tengah sibuk. Dua musibah di laut, mereka harus bekerja keras dengan dibantu pihak-pihak lain. Selanjutnya...




(26/12/2011) adalah hari kedua Operasi SAR terhadap musibah tenggelamnya kapal tug 

boat TB Kijang 3 di perairan Sei Walang Kijang yang berjarak sekitar 25 Km dari Kantor SAR 

Tanjungpinang. Sebanyak 12 orang rescuer BASARNAS dikerahkan ke lokasi untuk 

melakukan penyisiran di sekitar lokasi tenggelamnya kapal tersebut yaitu pada koordinat 

00o51,970’N–104o36,936’E. DOKUMENTASI.







KANTOR SAR TANJUNGPINANG -- (27/12/2011) adalah hari ketiga Operasi SAR terhadap musibah tenggelamnya kapal tug boat TB Kijang 3 di perairan Sei Walang Kijang yang berjarak sekitar 25 Km dari Kantor SAR Tanjungpinang. Sebanyak 12 orang rescuer BASARNAS dikerahkan ke lokasi untuk melakukan penyisiran di sekitar lokasi tenggelamnya kapal tersebut yaitu pada koordinat 00o51,970’N–104o36,936’E. Tim SAR yang terdiri dari BASARNAS yang dibantu oleh unsur dari TNI-AL, Polri, KPLP serta masyarakat setempat mulai melaksanakan penyisiran sejak pukul 08.00 WIB pagi tadi dengan menggunakan RIB Craft, Rubber Boat, Kapal Patroli KPLP serta pompong nelayan. Faktor alam yang kurang mendukung sangat menyulitkan Tim SAR dalam melakukan pencarian terhadap 2 orang korban yang merupakan ABK dari kapal naas tersebut. Berdasarkan pantauan di lapangan angin bertiup cukup kencang dan arus laut juga cukup kuat.

Kejadian tersebut bermula pada hari Minggu (25/12/2011) sekitar pukul 10.00 WIB ketika kapal tongkang TK Queen 101 (Singapura) akan melaksanakan perbaikan. Kapal tersebut ditarik ke darat menggunakan sling dengan dibantu dorong oleh kapal tug boat TB Kijang 3.
Musibah pun terjadi pada pukul 16.00 WIB ketika sling kiri yang digunakan untuk menarik TK Queen 101 putus kemudian sling kanan juga terputus akibat tidak kuat menahan beban. Seketika tongkang tersebut meluncur ke arah laut karena posisinya yang miring dan tegak lurus dengan bibir pantai. Seketika itu juga TB Kijang 3 yang bersandar dan berada tepat dibelakang tongkang ikut terdorong ke arah laut. Tug boat kemudian miring sebelum akhirnya tenggelam. Suasana panik pun dialami oleh 5 orang awak kapal yang saat itu berada di dalam tug boat. 3 Orang termasuk nahkoda kapal, Kasman Limbong sempat menyelamatkan diri, namun 2 orang lainnya yaitu Syamsurijal dan Mansyur hingga saat ini masih dinyatakan hilang.

Setelah dilakukan upaya pencarian oleh pihak PT.Bukit Panglong yang merupakan owner dari TB Kijang 3 tersebut, akhirnya mereka menghubungi Kantor SAR Tanjungpinang untuk melakukan pencarian lebih lanjut terhadap korban. Pukul 19.10 WIB Tim Rescue Kantor SAR Tanjungpinang bergerak ke lokasi. (asr/humas) SUMBER.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog Kantor SAR TANJUNGPINANG