Kamis, 12 Januari 2012

PEMBUKAAN DIKLAT LANJUTAN WATER RESCUE ANGKATAN VIII REGION I TAHUN 2011

TANJUNGPINANG -- Pembukaan Diklat Lanjutan Water Rescue Badan SAR Nasional berlangsung pada hari ini, Kamis(15/12/2011) bertempat di Lapangan Kantor SAR Tanjungpinang. Upacara pembukaan yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB ini dipimpin oleh Direktur Diklat dan Pemasyarakatan Badan SAR Nasional, Brigjend TNI Sumartono. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pendidikan water rescue ini merupakan salah satu bentuk pembinaan berkesinambungan yang dilakukan oleh Badan SAR Nasional yang ditujukan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan serta sikap mental yang harus dimiliki terutama pada saat melaksanakan Operasi SAR di wilayah perairan.


Diklat water rescue Angkatan VIII Region I tahun 2011 ini diikuti oleh total 30 orang peserta dari Kantor SAR se-Sumatera. Masing-masing Kantor SAR Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru mengirimkan 5 orang peserta sedangkan untuk Kantor SAR Palembang mengirimkan 3 orang dan 7 orang lainnya dari Kantor SAR Tanjungpinang.

Usai upacara pembukaan di Kantor SAR Tanjungpinang, kemudian kegiatan Diklat dilanjutkan di lokasi Pantai Cabana Resort yang berjarak 45 km dari Tanjungpinang. Sesuai jadwal yang telah ditentukan, Diklat Lanjutan Water Rescue ini akan dilangsungkan selama 10 hari, mulai dari hari ini sampai dengan tanggal 24 Desember 2011 mendatang. Nantinya, peserta akan diberikan materi berupa teori dan praktek tentang pengetahuan pertolongan di air diantaranya pedoman keselamatan di perairan, metode pertolongan di perairan, rencana kedaruratan di perairan, perawatan cedera di perairan, pengetahuan ombak dan arus, defend and release, teknik membawa korban serta komunikasi sinyal/isyarat. Selain itu, para peserta juga akan dilatih fisik melalui kegiatan olahraga dan penguasaan teknik renang yang dilakukan setiap harinya. (asr/humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah mengunjungi blog Kantor SAR TANJUNGPINANG